Senin, 13 Februari 2017

Kehamilan! Ini Yang Perlu Anda Siapkan

Kehamilan! Ini Yang Perlu Anda Siapkan - Ada banyak yang harus dipersiapkan pada saat kehamilan, terutama jika ini adalah pengalaman pertama Kehamilan  Anda. Beberapa harus dipersiapkan saat  Kehamilan jauh sebelum anda melahirkan. Apa saja yang harus anda persiapkan selama Kehamilan , berikut to do listnya bagi anda.
 
Kehamilan! Ini Yang Perlu Anda Siapkan
Wanita Hamil

Cari informasi tentang bayi

Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang bayi sebelum anda bawa pulang ke rumah. Tanyakan pada keluarga, dari buku, website, atau dari mana pun. Jangan sungkan untuk bertanya pada dokter anda jika anda punya pertanyaan.

Stok makanan Anda

Anda akan lebih banyak berada dirumah, terutama menjelang kelahiran bayi. Ada baiknya anda menyimpan makanan lebih banyak di freezer atau lemari es. Atau simpan makanan yang hanya perlu dipanaskan dan mudah dibuat. Usahakan tetap tersedia makanan sehat setiap hari, seperti buah dan sayur.

Amankan Rumah Anda

Rasa ingin tahu yang sangat besar pada bayi bisa jadi berkah sampai musibah. Karena itu amankan rumah anda dari hal yang membahayakan bagi bayi. Tutup semua outlet listrik dengan colokan, kalau yang rendah tutup saja dengan lakban besar. Masukkan kait pengaman pada pintu lemari. Amankan sudut-sudut yang tajam, seperti sudut meja. 

Jauhkan perabotan terutama yang mudah pecah. Jauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauannya, seperti benda tajam dan benda kecil. 

Simpan obat di tempat obat yang jauh dari jangkauan. Jika ada tangga, pasang pintu di bawah dan atasnya. Lantai kamar bayi sebaiknya menggunakan karpet, dinding sekitar tempat tidurnya tutup dengan lembaran yang lembut, untuk mengurangi benturan.

Pasang Kursi Bayi di Mobil

Jika anda memiliki mobil, ada baiknya jauh hari sudah memasang kursi bayi menghadap kebelakang, disertai sabuk pengaman.

Persiapkan sang kakak akan hadirnya adik baru

Jika ini kehamilan kedua atau lebih, persiapkan sang kakak terutama emosinya, agar siap menerima hadirnya anggota baru. Agar ia tidak menganggap si adik adalah saingannya, karena merebut perhatian ayah-ibunya.
Tunjukkan foto saat ia bayi, bahwa semua orang senang menyambut kelahirannya. Bahwa ia akan punya teman bermain saat adiknya besar nanti. Libatkan ia saat membeli baju bayi, bahwa memiliki adik itu menyenangkan.

Simpan nomor telepon penting

Seperti nomor telepon dokter kandungan, dokter anak, bidan, rumah sakit, sehingga anda tidak sulit mencari-cari saat dibutuhkan. Akan lebih baik jika mereka bersedia menjawab pertanyaan-pertanyaan anda via telepon. Anda bisa meminta referensi pada keluarga atau teman atau sumber lain.Jika anda bekerja di kantor, cari tempat penitipan anak

Jika pada akhirnya anda perlu penitipan anak, ada baiknya cari dari sekarang. Apakah akan dititipkan ke keluarga atau tempat penitipan anak lainnya. Cari waktu untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut sehingga anda sudah punya banyak referensi. Perhatikan kebersihan tempat, kredibilitas pengasuh, dan sebagainya.

Rencanakan untuk mencari bantuan

Jika ada yang menawarkan bantuan, mungkin anda bisa katakan iya. Saat repot dengan bayi nantinya, anda mungkin akan butuh bantuan untuk mengurusi rumah. 

Rencanakan untuk cukup tidur

Bayi baru lahir tidak selalu tertidur pulas terutama di malam hari. Rencanakan dengan pasangan anda agar bisa istirahat, mungkin dengan bergantian menjaga bayi.

Perawatan diri selama hamil dan setelah melahirkan

Selama hamil perawatan diri tidak boleh terlupakan. Setelah melahirkan, bayi adalah segalanya bagi ibu, tapi jangan lupa rawat diri anda. Sempatkan beristirahat, mungkin anda bisa bergantian dengan pasangan, atau meminta bantuan keluarga.

Berkemas untuk ke Rumah Sakit

Sekitar sebulan sebelum melahirkan, kemas barang-barang dalam tas, di tempat yang mudah dijangkau. Masukkan pakaian yang nyaman, perlengkapan mandi, bra menyusui, sendal, perlengkapan suami anda, dan tentu saja perlengkapan calon bayi anda.

Persiapkan keperluan untuk tengah malam

Anda tentu tidak mau keluar rumah jam 3 malam karena kehabisan popok. Persiapkan terlebih dahulu segala sesuatu kebutuhan bayi terutama di malam hari.

Persiapan menyusui

Jika anda berencana untuk menyusui, persiapkan sejak hamil. Beritahukan pada suami dan dokter kandungan bahwa anda ingin menyusui. Pastikan pada dokter kandungan anda bahwa anda ingin anak anda mendapat kolostrum pada saat lahir nanti. 

Pertimbangkan untuk mengambil kelas menyusui. Anda bisa meminta dokter anda untuk merekomendasikan konsultan laktasi. Apakah jika anda bekerja, ada ruangan dimana anda bisa menyusui, atau memompa ASI saat kembali bekerja.

Baca Juga: Ciri Orang Hamil Secara Fisik Dan Psikologis

0 komentar:

Posting Komentar