Selasa, 21 Februari 2017

Pilek Pada Bayi, Ini Solusinya

Pilek Pada Bayi, Ini Solusinya - Siapa belum pernah terkena pilek?Pilek  salah satu penyakit umum yang sering di alami oleh semua orang tidak terkecuali bayi. Pilek pada si kecil biasanya menyerang hingga 5-12 kali dalam setahun.
Pilek Pada Bayi, Ini Solusinya
Bayi Pilek

Pilek Pada Bayi

Penyakit pilek ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat (debu, udara yang lembab), penggunaan AC dimalam hari, konsumsi makanan kurang sehat, dan sebagainya. Untuk itu kita sebagai orangtua harus sudah punya solusi terbaik untuk mengatasinya.

Gejala pilek biasanya ditandai dengan tersumbatnya saluran pernafasan, bersin-bersin, ingusan, tenggorokan sakit, suara serak, dan temperatur tubuh naik atau demam ringan. Meskipun tergolong bukan penyakit berat namun tentu saja sangat mengganggu, si kecil juga kadang tak berdaya hanya bisa menangis.

Pilek Pada Bayi, Ini Tips Atasi Tanpa Obat

Penyakit batuk, pilek juga salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Sebenarnya tidak ada obat jenis apa pun di pasaran yang mampu mengatasi dan menyembuhkan pilek. Obat di pasaran hanyalah berfungsi untuk meringankan gejala pilek atau pun batuk. Sesungguhnya yang dapat menyembuhkan penyakit pilek itu sendiri hanyalah daya tahan tubuh anak.

Upaya peningkatan daya tahan tubuh itu sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan, dibutuhkan beberapa tindakan untuk lebih meningkatkan daya tahan tubuhnya. Beberapa hal berikut ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak :

Pilek Pada Bayi Berikan Air Susu Ibu (ASI)

Berikan ASI sesering mungkin. Karena peran ASI bagi kesehatan anak sangatlah besar karena ASI mengandung zat antibodi yang mampu melawan infeksi virus. Namun yang sering terjadi adalah kadang anak begitu malas menyusu, padahal ASI adalah obat terbaik mempercepat proses penyembuhan penyakit karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilek Pada Bayi Berikan Makan Makanan Bergizi

mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin seperti Apel, jeruk, buah naga, kiwi, strawberry dan lain-lain. sebaiknya berikan makanan seperti sayur dalam kondisi hangat agar sedikit meningkatkan nafsu makan. seperti sop, soto, dll.

Pilek Pada Bayi Lakukan Istirahat Yang Cukup

Istirahat cukup dapat membantu mempercepat proses pemulihan penyakit ini. Sementara batasi aktiftas si kecil.

Pilek Pada Bayi Lakukan Terapi

Tindakan terapi alami dapat dan bantuan alat. Terapi alami bisa dilakukan dengan cara menjemur si kecil di bawah sinar matahari dimulai dari pukul 7 - 9 (jangan lebih dari itu). Dan ditambah dengan berkumur dengan air garam agar dahak bisa keluar (tetapi si kecil kadang belum bisa). Terapi dengan bantuan sinar infrared dan uap yang biasanya dilakukan oleh tenaga ahli yang biasanya dilakukan di klinik anak atau dokter anak atau rumah sakit.

Jika kondisi si kecil memburuk atau menunjukkan gejala demam, segeralah berkonsultasi pada dokter anak Anda. Bisa jadi ia terkena infeksi sekunder (telinga, sinus) yang membutuhkan antibiotik. Pilek yang normal biasanya akan sembuh setelah seminggu, tak peduli apa pun yang Anda lakukan. Jika Anda memberikan pengobatan dan perawatan yang baik, si kecil tentu akan segera sembuh.

0 komentar:

Posting Komentar